Sabtu, 22 Januari 2011

profil pelukis Henk Ngantung

Lahir di Bogor, Jawa Barat, 1 Maret 1921. Merupakan putera seorang pegawai pada pemerintah Belanda dan di besarkan dalam tradisi aristrokratis. Mendapatkan pendidikan berbahasa Belanda, serta lulus dari sekolah lanjutan tingkat pertama (MULO). Ia mulai melukis pada usia 13 tahun (1934). Pertama kali belajar melukis dengan Bossardt dan pelukis Austria, Rudolf Weinghart di Bandung. Ngantung mengembangkan tekniknya dengan cepat selama pendudukan Jepang bersama pelukis-pelukis lain di Pusat Kebudayaan.





Pameran lukisannya di mulai ketika ia berumur 15 tahun (1936), dengan mengadakan pameran tunggal di Manado, Sulawesi Utara. Selanjutnya, sering mengadakan pameran lukisan baik tunggal maupun bersama di dalam negeri, antara lain: mengadakan pameran tunggal di hotel Des Indes, Jakarta. Lukisannya banyak yang bersifat alam documenter. Beberapa lukisannya di jadikan sebagai koleksi Presiden Sukarno dan pada Kementerian Penerangan.



Menikah ditahun 1950-an, tinggal di Jakarta dengan bantuan keluarganya, pernah menjadi pembimbing yang memberi pelajaran seni kepada beberapa mahasiswa yang tidak membayar dan menjadi konsultan di berbagai kegiatan. Pernah berpartisipasi pada pemilihan calon penerima beasiswa pemerintah ke luar negeri, dalam organisasi misi-misi kebudayaan serta pameran-pameran seni lukis. Selain itu, ia pernah menjadi anggota juri pada beberapa lomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar