Sabtu, 22 Januari 2011

Optical Art | Seni Optik

Optical Art pernahkah anda mendengarnya? Atau justru anda sedang mencari referesi mengenai optical Art, Optical art atau ada yang menyebutnya Op Art adalah sebuah gaya seni rupa yang menggunakan teknik ilusi optik.

Seni rupa optik adalah sebuah metode melukis yang mengkhususkan diri pada interaksi antara ilusi dan gambar bidang. Antara memahami dan melihat. Ketika Penonton melihat sebuah karya seni lukis optik mereka akan terkesan akan tipuan optik semacam gerakan (berputar, bergeser dan sebagainya), berkedip dan yang lainnya.

Sejarah Optical Art
Optical Art berasal dari praktek konstruktivis dari Bauhaus. Sekolah di Jerman ini , didirikan oleh Walter Gropius, menekankan hubungan antara bentuk dan fungsi dalam kerangka analisis dan rasionalitas. Siswa diajar untuk fokus pada desain keseluruhan, atau seluruh komposisi, untuk sekarang bekerja terpadu. Ketika Bauhaus dipaksa untuk menutup tahun 1933, banyak instruktur yang melarikan diri ke Amerika Serikat di mana gerakan berakar di Chicago dan akhirnya di Black Mountain College di Asheville, North Carolina, di mana Josef Albers dan Anni akan datang untuk mengajar.

demikian sedikit pemahaman mengenai seni rupa optikal atau optical art yang saya terjemahkan dari wikipedia. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar